KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAMPUNG KABUPATEN DOGIYAI
Kata Kunci:
Kompetensi, Sumber Daya Manusia dan Kualitas Pelayanan Publik.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Dogiyai. Penelitian ini dalah penelitian Kuantitatif. Obyek penelitian ini di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Dogiyai. Sumber data penelitian ini dari dara primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan mulai dari observasi, wawancara/kuesioner terhadap responden dan dokumentasi. Sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian, sehingga sampel penelitian ini sebnayak 55 sampel yang selanjutnya dijadikan sebagai responden penelitian. Meode analisis Kuantitatif pada penelitian ini dengan metode analisis regresi liner berganda dengan bantuan paket program komputer SPSS Versi 22 (statistical Package for Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Hipotesis 1 (X1 terhadap Y), X1 nilai sig. 0.935 nilai ini lebih besar dari 0.05, (0.935 > 0.05), nilai signifikansi uji t > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Variabel Keahlian (X1) tidak berpengaruh Signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y). Hipotesis 2 ( X2 terhadap Y), X2 nilai sig. 0.544 nilai ini lebih besar dari 0.05, (0.544 > 0.05), nilai signifikansi uji t > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Kualitas Individu (X2) tidak berpengaruh Signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y). Hipotesis 3 (X3 terhadap Y), X3 nilai sig. 0.000 nilai ini lebih kecil dari 0.05, (0.000 ˂ 0.05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Sehingga variabel Pengetahuan (X3) berpengaruh Signifikan terhadap Pelayanan Publik (Y).