ANALISIS EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA MAKASSAR(Studi Kasus Perumda Air Minum Kota Makassar, Wilayah Pelayanan 2)
Kata Kunci:
Efektivitas, Penagihan Piutang, PDAM Wilayah pelayanan 2Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Piutang yang tak tertagih pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wilayah pelayanan 2. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung kepada informan, melaksanakan dokumentasi dan observasi langsung ke Perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ketentuan jatuh tempo pembayaran yang ditetapkan PDAM Wilayah pelayanan 2 dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya. Jika pelanggan melewati dari tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan maka pelanggan dikenakan denda yang telah ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri. Jika pelanggan tidak mampu atau bisa membayar kewajibannya dalam jangka waktu 2 (dua) bulan, maka pemakaian air bersih akan diputuskan oleh petugas PDAM tersebut, apabila umur piutang mencapai 1-2 tahun dilakukan pengajuan penghapusan piutang ke Badan Pengawas dan untuk umur piutang diatas 2 tahun maka akan dilakukan pencatatan dimana hasil yang diperoleh tidak memenuhi target dari Perusahaan yang telah ditetapkan.