ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING SECARA VOLUNTARY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2017)

  • Editha Julia
  • Octavianus Pasoloran
  • Sita Yubelina Sabandar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pergantian manajemen, opini audit, financial distress, ukuran KAP, dan ukuran perusahaan klien, terhadap auditor switching. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2017. Jumlah perusahaan manufaktur yang dijadikan sampel penelitian ini adalah 32 perusahaan dengan pengamatan selama 3 tahun. Berdasarkan metode purposive sampling, total sampel penelitian adalah 96 laporan keuangan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergantian manajemen berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap auditor switching. Sedangkan opini audit, financial distress, ukuran KAP dan ukuran perusahaan klien tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan auditor switching.

Published
2019-11-29
How to Cite
Julia, E., Octavianus Pasoloran, & Sita Yubelina Sabandar. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING SECARA VOLUNTARY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2017). Paulus Journal of Accounting (PJA), 1(1), 21-28. https://doi.org/10.34207/pja.v1i1.25

Most read articles by the same author(s)