PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DALAM PERANCANGAN PLANOGRAM PADA SANG SURYA MART KOTA MAKASSAR

  • Simbong Walla Sampara, Dicky Saputra, Marsellus O. Kadang, Hermin Arrang

Abstrak

Minimarket adalah salah satu tempat berbelanja yang menyediakan produk kebutuhan sehari-hari. Banyak konsumen yang lebih memilih berbelanja di minimarket daripada di pasar tradisional karena minimarket dapat memberikan kenyamanan dan kerapian produknya, akan tetapi tidak sedikit dari konsumen yang kesulitan dalam mencari produk yang dibutuhkan di minimarket. Penentuan tata letak pada minimarket merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pihak manajemen. Pada tugas akhir ini akan dijelaskan bagaimana implementasi algoritma K-means Clustering berdasarkan kebiasaan konsumen berbelanja untuk menghasilkan suatu model tata letak merk produk berdasarkan jenis raknya menggunakan WEB. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari struk-struk belanja pada sang surya mart kota makassar. Algoritma K-means Clustering digunakan untuk mempartisi data ke dalam cluster sehingga data yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokkan ke dalam satu cluster yang sama dan data yang mempunyai karakteristik yang berbeda dikelompokkan ke dalam kelompok lain. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode black box maka disimpulkan bahwa sistem tersebut telah bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Diterbitkan
2020-11-24